Skip to main content

Kiat Memperlakukan Pelanggan Dari Pengusaha Sukses Sukanto Tanoto


Di bawah kepemimpinan Sukanto Tanoto, Royal Golden Eagle atau RGE memiliki perusahaan yang bergerak dalam industri kelapa sawit, pulp dan kertas, serat viscose, hingga yang baru-baru ini adalah pengembangan energi. Hingga saat ini, aset RGE yang dimiliki mencapai 18 miliar dolar Amerika Serikat dan mempekerjakan sekitar 60 ribu orang di berbagai belahan dunia. Royal Golden Eagle adalah sebuah perusahaan yang mengelola sekelompok perusahaan manufaktur yang diketahui berbasis Sumber Daya Alam (SDA) yang beroperasi di berbagai negara.

Kesuksesan yang Sukanto Tanoto tidak serta merta datang begitu saja. Ia sudah menekuni dan terjun langsung ke bidang bisnis sejak ia berusia 18 tahun. Hal ini pun awalnya terpaksa ia lakukan demi menghidupi keluarganya. Karena ayahnya sedang sakit saat itu, sehingga membuatnya harus menghidupi adik-adiknya. Hal itu terjadi ketika peristiwa G30S meletus pada 1965, sekolah Sukanto Tanoto ditutup. Tak lama berselang, ayahnya sakit keras.

Sebagai anak tertua, mau tak mau ia mengambil tanggung jawab untuk menghidupi keluarganya. Ia pun mengelola toko keluarga yang berjualan onderdil kendaraan, bensin, dan minyak. Hal itulah adalah awal petualangan Sukanto Tanoto dalam bisnis. Ia akhirnya mendapatkan kesempatan untuk mendirikan perusahaan sendiri hingga akhirnya membesarkan RGE.

Tak aneh jika pengalaman panjang dimilikinya. Sukanto Tanoto tahu persis seluk-beluk dunia bisnis yang akhirnya dituangkan dalam nilai dasar RGE. Hal tersebut diharapkan itu akan membantu semua pihak di perusahaannya sebagai kerangka kerja dan tata perilaku bekerja. Dalam merumuskannya, Sukanto Tanoto mengambil intisari berbagai hal di dalam RGE. Alhasil, meski baru dirumuskan secara konkret pada tahun 2017, nilai-nilai dasar tersebut sejatinya sudah dipraktikkan di tubuh RGE sejak lama.

Tahun 2017 adalah momen spesial bagi Sukanto Tanoto. Baginya, tahun tersebut merupakan momen ke 50 tahun dalam menerjuni bisnis. Kesempatan itu akhirnya dimanfaatkannya untuk mencanangkan nilai dasar perusahaan. Sukanto Tanoto sendiri adalah sosok yang tidak pernah lupa untuk mencanangkan nilai-nilai dasar yang mana diharapkan akan membantu semua pihak perusahaannya sebagai kerangka kerja dan tata perilaku bekerja. Nilai-nilai dasar tersebut terkenal dengan nama nilai dasar RGE. Salah satunya adalah Costumer. Tanpa pelanggan, roda bisnis tidak bisa berputar dengan baik. Maka, Sukanto Tanoto menyebutkan orientasi pelanggan sebagai salah satu nilai dasar di tubuh RGE.

Dengan berpegang pada nilai dasar tersebutlah, RGE diharap untuk selalu mampu menghasilkan produk dan layanan terbaik dengan tujuan memberi kepuasan untuk pelanggan. Salah satu contoh yang mendasar adalah tentang menjalankan nilai dasar berorientasi kepada pelanggan dijalankan oleh Asia Symbol. Mereka pernah mendapatkan seorang costumer yang menginginkan kertas dengan 79 hingga 80 gram per lembarnya, akan tetapi saat itu produk tersebut belum tersedia. Dengan sigap, Asia Symbol menata mesin sedemikian rupa guna mengakomodasi keinginan costumer yang akhirnya bisa menghasilkan kertas seberat 79,5 gram per lembar. Dan karena si costumer merasa puas, mereka meningkatkan order hingga sepuluh kali lipat. Dan itulah kiat memperlakukan pelanggan dari pengusaha sukses Sukanto Tanoto.

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Harga Tiket Pesawat Murah Untuk Anda Yang Ingin Berlibur

Kini untuk bisa pergi ke luar negeri dengan cara terbang naik pesawat bukan lagi hal mustahil bagi setiap orang, bahkan untuk Anda yang selama ini mengaku tidak punya uang lebih sedikitpun. Jika Anda memang berencana untuk merasakan bagaimana rasanya berada di dalam pesawat yang terbang, Anda cukup memiliki budget kurang lebih Rp 500ribu saja dengan membeli tiket dari daftar harga tiket pesawat murah . Akan tetapi, jika Anda ingin terbang naik pesawat untuk bepergian ke suatu tempat tujuan, maka Anda harus menyediakan budget yang sesuai dengan perkiraan pengeluaran tempat tujuan tersebut. Kemudahan teknologi kini juga memiliki dampak positif dan semakin memudahkan siapa saja untuk memesan tiket pesawat. Selain kemudahan pemesanan tiket, Anda juga selalu ditawarkan harga tiket promo ke tujuan yang berbeda-beda. Bahkan, untuk setingkat ke Jepang saja, biaya pesawat pulang pergi untuk per orangnya Anda tidak harus mengeluarkan biaya lebih dari 10 juta. Ini menjadi harga yang cukup